Ungaran, 15 Oktober 2025 – Program Studi (prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) mengadakan kunjungan ke Radio Rasika USA 105. 6 FM. Kegiatan ini diikuti oleh 70 mahasiswa Konsentrasi Broadcasting yang didampingi oleh dosen Mata Kuliah Produksi Progam Siaran Radio, Manajemen Produksi Radio/TV, serta dosen Konsentrasi Public Relation Prodi KPI, H. M Alfandi M. Ag, Fathimah Nadia Qurrota A’yun M.Sos, dan Samsul Ridwan S.Ag., M.H.

Kehadiran Mahasiswa dan dosen pendamping disambut hangat oleh Direktur Rasika Group, Ratna Mufidah, Progam Direktor Radio Rasika, Harris Widi, serta Grafis&Creative Radio Rasika, Deeda Nagara. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan praktis secara khusus mengenai industri penyiaran radio, serta untuk mengenal, belajar mengenai Industri Media dan Penyiaran Radio.

Kegiatan kunjungan diawali dengan pembukaan dari Radio Rasika USA 105. 6 FM, di lanjut pembukaan oleh Dosen Pendamping dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, H. M Alfandi M. Ag dan penjelasan singkat dari Direktur Rasika Pekalongan sekaligus Grafis & Creative Radio Rasika, Deeda Nagara mengenai sejarah singkat Radio Rasika dan peranan industri Radio Rasika USA 105.6 FM di Jawa Tengah.

Deeda Nagara mengatakan Radio Rasika masih menjadi pilihan utama masyarakat, salah satu program terkenalnya yaitu Kelana Kota yang memiliki ciri khas jalan-jalan dengan kaya informasi.

“Program Kelana Kota masih menjadi pilihan utama karena memiliki ciri khas seperti diajak jalan-jalan dengan kaya informasi dan masyarakat antusisas mendengarnya. Selain itu sinyalnya cukup kuat serta konsep frekuensinya punya TSL cukup baik,” ucapnya.

Pemaparan materi ke dua disampaikan oleh Yuda Prasetya sebagai penyiar di Radio Rasika. Ia menyampaikan bahwa dalam public speaking harus memiliki jati diri, ia juga mengutip dari Aristoteles bahwa kunci Public Speaking adalah Etos, Pathos dan Logos yang berarti penting dalam bertutur kata dengan sopan dan menggunakan etika.

Yuda Prasetya, sambungnya, juga memberikan tips dan trik lewat analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) dan teori Attention, Interest, Desire and Action (AIDA) yang biasanya dipakai di dunia pemasaran. Teori ini sangat penting karena menjadi kunci untuk menarik audiens dengan komunikasi persuasif. Yudha turut mengajak para mahasiswa untuk mendengarkan dan praktek secara langsung.

Kegiatan industri berlangsung dengan baik. Para peserta kegiatan aktif memberikan pertanyaan kepada penyiar mulai dari tips dan trik menjadi penyiaran yang baik, praktek langsung dengan penyiar radio. Dengan adanya konsentrasi Broadcasting, harapannya bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk tidak hanya mempelajari ilmu teoritis di dalam kelas, namun juga belajar praktek langsung di industri penyiaran Radio maupun TV.

Kunjungan ini adalah salah satu wujud nyata kegiatan pembelajaran praktis bagi para mahasiswa pada industri Penyiaran yang menjadi implementasi mata kuliah Produksi Progam Siaran Radio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *