Semarang — Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Prodi KPI) menyelenggarakan pelatihan dengan tema “ Optimize Your Media with Creative Strategies: News Writing, Social Media Management, Graphic Design, and Content Creation ” pada Rabu (17/12) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Kegiatan ini menjadi ruang temu sekaligus penguatan kompetensi mahasiswa yang tergabung dalam Tim Media KPI.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) KPI, Dr.H. Asep Dadang Abdullah, M.Ag yang menekankan bahwa KPI merupakan prodi yang sangat erat dengan dunia media. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki skill praktis yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

“Di mana pun nanti bekerja, skill adalah kebutuhan utama. Dunia profesional menuntut kemampuan yang nyata”, ujar Asep dalam sambutannya.

Kaprodi berharap kegiatan ini menjadi awal dari agenda pengembangan lainnya serta mendorong terbentuknya tim media yang solid dan profesional.

Pelatihan ini menghadirkan tiga pemateri yang membahas beberapa hal yang berguna untuk pengembangan diri di dunia media. Materi pertama disampaikan oleh pembina Tim Media, Fitri, M.Sos yang membahas tentang penulisan press release di era digital. Pada materi ini, peserta dibekali pemahaman dasar penulisan rilis humas lembaga, perbedaan press release dengan karya jurnalistik lainnya, tujuan pembuatan rilis, hingga kaidah penulisan yang akurat dan bertanggung jawab.

Fitri juga menjelaskan bahwa jurnalis dan humas memiliki ideologi yang berbeda. Meski demikian, keduanya memiliki peran dalam menyampaikan informasi kepada publik. Selain itu, jurnalis media dan humas juga dapat menjalin kerjasama.

Materi kedua disampaikan oleh salah satu alumni tim media KPI, Teguh Hadi Prasetyo, S.Sos yang mengulas tentang desain grafis. Peserta dikenalkan pada prinsip dasar desain, elemen visual, jenis typeface dan font, serta desain grafis sebagai seni dalam menyebarkan informasi. Teguh menyampaikan desain grafis yang baik adalah desain yang tidak hanya menampilkan estetika seni, namun juga memberikan kebermanfaatan untuk umat.

Materi ketiga dan materi terakhir yaitu content creation and social media management disampaikan oleh Imam Adlan, S.Sos salah satu lulusan terbaik prodi KPI dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Imam menekankan bahwa pengalaman adalah kunci utama perkembangan. Mahasiswa didorong untuk terus berkarya, mencoba, dan berproses agar mengetahui kekurangan dan terus meningkatkan kualitas.

Dalam sesi terakhir, mahasiswa diajak memahami pentingnya content planning serta produksi konten yang aktif dan relevan dengan kehidupan mahasiswa, aktivitas yang ada di Prodi KPI, dan informasi menarik lainnya. Imam juga menambahkan bahwa sebuah konten harus dicari dan diproduksi,

“Konten yang tidak diproduksi dan hanya berupa ide, maka itu tidak bisa disebut konten. Konten itu harus dicari dan diproduksi secara konsisten, bukan menunggu momen”, ujarnya.

Seluruh rangkaian pelatihan berlangsung interaktif dengan sesi praktik dan tanya jawab di setiap materi. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan semakin siap menghadapi tantangan dunia media serta mampu membangun tim media yang kreatif, solid, dan profesional.

Reporter: Fth/Tim Media
Editor : Ys/Tim Media