Semarang (27/6), Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang menggelar Lomba Pidato Bahasa Indonesia Virtual Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang dalam upaya meningkatkan kecerdasan bangsa, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, seni, dan olahraga.

Acara dibuka oleh Dr. Agus Riyadi, M.S.I. selaku perwakilan dari pimpinan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, khususnya para remaja, penting melatih kompetensi diri untuk menghadapi tantangan masa depan. Sebagai sarana aktualisasi kreativitas dan kompetensi tersebut salah satunya yaitu melalui kegiatan lomba seperti ini. Beliau juga menyampaikan dan menawarkan khususnya kepada para peserta lomba mengenai prodi-prodi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang memiliki banyak keunggulan dan layak dijadikan prioritas untuk melanjutkan studi setelah jenjang sekolah menengah. Salah satu keunggulan dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi yaitu empat dari lima prodinya sudah terakreditasi A (KPI, BPI, MD, dan PMI). Sementara itu, satu prodi masih B (MHU).

Acara yang diikuti oleh 53 siswa dari berbagai daerah dan difasilitasi platform zoom meeting serta live streaming youtube FDK Walisongo Official ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kreativitas dan kompetensi berbahasa dari para peserta didik jenjang SMA dan sederajat. “Melalui kegiatan lomba pidato ini diharapkan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa mampu mengaktualisasikan kreativitas dan kompetensinya di bidang bahasa. Selain itu, melalui kegiatan ini para peserta didik juga dapat menyampaikan informasi bermanfaat kepada publik mengenai isu-isu penting kekinian”, tutur Zainurrakhmah selaku ketua panitia.

Para peserta terlihat begitu antusias dan ekpresif dalam membawakan pidato dari tema yang sudah ditentukan panitia. Tema pidato yang dibawakan peserta yaitu di antaranya Remaja yang Cerdas dan Bijak dalam Menggunakan Sosial Media, Remaja Muslim Melawan Hoaks, dan Generasi Muslim Muda yang Moderat.

Di akhir acara, tim dewan juri yakni Chyndy Febrindasari, Raini Nur Aprijianti, Itznaniyah Umie Murniatie, dan Ida Fitriyah, memutuskan para pemenang lomba. Adapun para pemenang lomba yaitu Rizki Wibawa Mukti dari SMK Mitra Industri Bekasi dengan skor 366, Risky Bagus Maulana dari SMK Bina Nusantara Ungaran dengan skor 364, Rafi Ahmad Zaidan dari SMAN 24 Bandung dengan skor 352, Salman Nur Aslam dari PP Shuffah Al-Jamaah Tasikmalaya dengan skor 336, M. Thoriq Farhan dari MA Al Ittihad Malang dengan skor 333, Raihan Alviansyah MA Al Muhajirin Purwakarta dengan skor 333, dan Ahmad Ujang Sholeh dari MAN 5 Kediri dengan skor 333.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *