Senin, 06 Juni 2022 – Program Studi Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang gelar Sertifikasi Uji Kompetensi Kepemanduan Wisata (Tour Guide) bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pramuwisata Indonesia (LSP Pramindo) selama 2 hari yaitu Senin, 06 Juni 2022 hingga Selasa, 07 Juni 2022. Acara pembukaan dimulai pukul 09.00 WIB di Laboratorium Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Acara ini diikuti 160 yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan pengelola wisata Demak Green Garden (Degega).

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Manajemen Dakwah (Kaprodi MD) Dr. Hj. Siti Prihatiningtyas, M.Pd mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Sertifikasi Uji Kompetensi Tour Guide  ini sudah melalui proses yang Panjang. Sebenarnya kegiatan Sertifikasi Uji Kompetensi Kepemanduan Wisata (Tour Guide) ini sudah sangat lama ingin dilaksanakan. Mahasiswa juga sudah dibekali materi melalui pembelajaran mata kuliah tentang kepariwisataan di bangku perkuliahan. Selain secara teori, mahasiswa juga dibekali pengalaman praktek menjadi Tour Guide (Pemandu Wisata) saat mengikuti Benchmarking Competency Program Studi Manajemen Dakwah. Kemudian, dilaksanakan Sertifikasi Uji Kompetensi Kepemanduan Wisata (Tour Guide) sebagai bekal untuk mahasiswa sebelum lulus. Sehingga Ketika lulus nantinya sudah memiliki Sertifikat Kompetensi.

Dengan melihat semangat dan animo mahasiswa terhadap kegiatan ini, Ningtyas berharap Prodi MD dapat terus menjalin kerjasama dengan LSP Pramindo. “Semoga kerjasama ini nanti bisa dituangkan di dalam MoU, Kami berharap Sertifikasi Uji Kompetensi ini bisa dilaksanakan setiap tahun sekali, sehingga mahasiswa lulus sudah memiliki bekal sertifikat kompetensi”, tandasnya.

Sementara Wakil Direktur LSP Pramindo, Irwan Maulana yang menyampaikan sambutan perwakilan dari pihak LSP Pramindo, menyambut gembira kegiatan Sertifikasi Uji Kompetensi Tour Guide ini. “Saya senang berada di sini, melihat antusias mahasiswa-mahasiswa untuk mengikuti Sertifikasi Uji Kompetensi ini”. Kata Irwan. Lebih lanjut ia mengungkapkan meski 2 tahun sektor pariwisata terpuruk karena Pandemic Covid – 19, namun ke depan akan sangat prospektif karena dunia pariwisata sudah mulai bangkit dan menggeliat lagi. “Kami tidak bisa berdiri sendiri, tanpa dukungan dan kerjasama dengan para akademisi, sehingga ke depan pemandu wisata bisa menjadi profesi yang menjanjikan”, sambung Irman. “Harapan kami dengan sertifikasi ini, mudah-mudahan menjadi langkah awal yang baik setelah pandemi dan ke depan, LSP Pramindo dan Prodi MD Fakultas Dakwah dan Komunikasi tetap berlanjut untuk terus bekerjasama”. Lanjutnya.

Di sisi lain, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Ilyas Supena, M.Ag menegaskan “Ketika kalian berminat di bidang pariwisata, tentu perlu adanya tuntutan profesionalitas yang ditujukan dengan sertifikasi”. Oleh karena itu, Ilyas berpesan kepada para mahasiswa untuk memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang disediakan selama 2 hari ini. “Kuasai semua hal, karena kita tidak pernah tahu di bagian mana, kita hidup”, ungkap Ilyas untuk memotivasi mahasiswa. Secara khusus, Dekan FDK ini berharap mahasiswa mampu mempertahankan nilai-nilai walisongo (seperti sikap moderasi, sopan santun, akulturatif budaya, dan sebagainya) dalam mewarnai dunia pariwisata. Ketika berinteraksi dengan wisatawan, misalnya saat memandu pariwisata, “Kalian bisa menggunakan komunikasi qoulan layyinan, qoulan kariman, qoulan sadidan, qoulan ma’rufan, qoulan maysuran, qoulan balighan, dan sebagainya”, pesan Ilyas. Sehingga hal tersebut bisa meninggalkan kesan mendalam dan positif bagi wisatawan. Hari ini, dunia pariwisata mulai menggeliat, tentu ini merupakan peluang. Dan peluang tersebut akan bisa ditangkap bagi para profesional.

Tidak lupa Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi juga menyampaikan terima kasih kepada LSP Pramindo serta menegaskan kembali kepada para mahasiswa bahwa Sertifikasi Uji Kompetensi sepertiini merupakan kesempatan langka. “Sertifikasi Kompetensi seperti ini bisa dimasukkan sebagai SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)” ungkapnya. Lebih lanjut Ilyas menyampaikan bahwa “Sebagai asesor BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), setahu saya baru Prodi MD Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang yang menyelenggarakan Sertifikasi Uji Kompetensi Kepemanduan Wisata (Tour Guide)”. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Prodi MD FDK UIN Walisongo dengan LSP Pramindo.

Reporter : Uswatun Niswah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *