KPI FDK UIN Walisongo dan Kedutaan Besar Amerika Jajaki Kerjasama dalam Capacity Building

Diskusi bersama antara Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Jakarta diselenggarakan secara blended (online dan offline). Bertempat di ruang sidang FDK, diskusi dihadiri oleh Wakil Dekan III, Ketua Jurusan (kajur)KPI, para dosen KPI dan perwakilan dari mahasiswa menggunakan protokol kesehatan yang ketat melakukan audiensi dengan Kedubes Amerika yang diwakili oleh Indar Juniardi, Theresia Andrian dan Wuri Parmaitri via Zoom meeting (11/6/2021).

Diskusi dilakukan sebagai tindak lanjut kerjasama UIN Walisongo dengan Kedubes Amerika yang selama ini terjalin baik. Tidak hanya American Corner, pihak Kedubes Amerika ingin bekerja sama lebih spesifik dengan jurusan yang sesuai dengan program yang dimilikinya. Ada pun program terkait jurnalistik relevan dengan konteks keilmuan KPI, baik cetak maupun online, di bidang penyiaran maupun media baru.

Dekan FDK, Ilyas Supena mengungkapkan UIN Walisongo memasuki Renstra ketiga, isu nasional dan internasional menjadi agenda pengembangan kampus, “tidak hanya berhenti pada MoU, tapi implementasi perlu,” jelasnya dalam Zoom meeting.

Kedubes Amerika diwakili oleh Juru bicara, Indar Juniardi ingin mengetahui program dan ciri khas yang ada di KPI. “Bagaimana dengan minat mahasiswa terkait jurnalistik, mengingat kesejahteraan saat ini sepertinya menurun?” tanyanya.

Kajur KPI, M.Alfandi menjelaskan bahwa peminatan masih bagus, karena tidak hanya di kelas pendalaman ilmu jurnalistik melalui Benckmarking juga dilakukan. Lebih lanjut M. Alfandi memaparkan Jurusan KPI tidak hanya mempelajari ilmu komunikasi tapi juga ilmu keislaman yang menjadi dasar moral dari jurnalistik.

Ada pun tujuan diadakannya diskusi dan audiensi ini untuk mencari forma-forma kegiatan yang bisa dikolaborasikan terkait capacity building untuk dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, “selain capacity building, lembaga ingin meningkatkan kerjasama, tidak hanya bermitra dalam negeri namun juga dengan pihak luar negeri,” pungkas Kajur KPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *