HMJ BPI

GEBYAR HMJ BPI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN WALISONGO

Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (HMJ BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo kembali menggelar GEBYAR BPI yang merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka memperingati milad (hari ulang tahun jurusan). BPI lahir pada tanggal 2 Oktober 1996, sebelumnya bernama BPM (Bimbingan dan Penyuluhan Masyarakat ) pada tahun 1988, kemudian berubah menjadi BPA (Bimbingan dan Penyuluhan Agama) baru kemudian menjadi BPI sampai sekarang. Acara Gebyar BPI kali ini mengambil tema “Membangun Mental, Moral dan Ketakwaan dalam Perkembangan Strategi Islam”. Acara Gebyar ini dibuka oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Drs. H. Fahrur Rozi, M.Ag. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Dekan III didampingi Ketua Jurusan BPI Dra. Maryatul Kibtyah, M.Pd. Dalam sambutannya Fahrurrozi mengucapkan selamat untuk jurusan BPI dan apresiasi bagi HMJ BPI yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan ini. Dalam laporannya ketua HMJ BPI Dina Nurussaadah mengatakan, kegiatan gebyar ini akan berlangsung selama satu bulan. Dalam rangkaian acara gebyar ini diawali mulai tanggal 4 Oktober 2017 dengan pemilihan duta dan duti BPI. Terpilih sebagai duta duti BPI 2017 adalah Khoirul Soleh dan Nailu Rahmatika. Kemudian tanggal 09 Oktober 2017 kegiatan PSSI (Pekan Study Sosialisasi BPI), 12 Oktober 2017 PPI (Pelatihan Penyuluhan Islam), (PKTL) Pelatihan Konseling Tingkat Lanjut pada 19 Oktober 2017, selain melakukan pelatihan yang cukup banyak untuk lebih melatih skill dari mahasiswa pada tanggal 13 Oktober 2017 juga ada kegiatan Lomba Pembuatan Mading yang ditunjukkan untuk mahasiswa UIN Walisongo. Puncak acara kegiatan pada 24 Oktober 2017 yaitu dialog Interaktif guna menambah wawasan bagimahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam khususnya, mahasiswa UIN Walisongo Semarang pada umumnya.(marqib/1968)

GEBYAR PEMILIHAN DUTA DUTI BPI 2017

Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (HMJ BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo kembali melakukan kegiatan GEBYAR BPI yang merupakan kegiatan rutinan disetiap tahunnya. GEBYAR BPI merupakan serangkaian acara yang dilaksanakan guna merayakan ulang tahun Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI). Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam sendiri telah memasuki usia yang cukup dewasa yaitu 21 tahun.

Kegiatan Gebyar BPI 2017 sendiri dilaksankan selama kurang lebih hampir 1 bulan, yang dimulai pada 04 Oktober 2017 yang merupakan kegiatan pembukaan dari GEBYAR BPI 2017 kemudian dilanjutan Pemilihan DUTA DUTI BPI 2017 yang mana ditujukan untuk seluruh mahasiswa BPI.

Kegiatan Duta Duti BPI 2017 sendiri mendapat respon yang sangat besar dari Mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam yang terbukti terdapat 19 Pasang pendaftar yang ingin memperebutkan gelar DUTA DUTI BPI 2017. Acara tersebut merupakan inisiatif dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (HMJ BPI).

Bukan hanya kemampuan dan pengetahuan berkaitan Jurusan dan Penyuluhan saja namun juga talenta-talenta dari mahasiswa BPI yang begitu banyak, mulai dari Pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, Menyanyi, Qiroatil Qur’an dan masih banyak lainnya.

Dalam Pemilihan DUTA DUTI BPI 2017 terdapat beberapa kategori selain DUTA DUTI yang berarti secara keseluruhan namun juga BEST PERFORMANCE yaitu bagaimana penampilan atau FASHION dari mahasiswa BPI sendiri namun juga BEST TALENT yang dimiliki dari setiap individu dari mahasiswa BPI.

Dalam Kegiatan Pemilihan DUTA DUTI terdapat juga Juri sebagai acuan penilaian, adapun Jurinya :

  1. Maryatul Kibtiyah selaku Kepala Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan islam yang menilai tentang intelektual maupun kemampuan dari Peserta.
  2. Zumrotus Sa’adah S. Sos. I, merupakan salah satu alumnus Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang sangat mumpuni dan update dibidang Fashion.
  3. Idul Munir yang mana seorang Aktivis di HMJ Bimbingan dan Penyuluhan Islam sekaligus Domisioner Ketua HMJ BPI periode 2015.

Kegiatan penilaian Juri dengan banyak pilihan dan Kriteria sehingga menghasilkan 5 Juara dari kegiatan Pemilihan DUTA DUTI BPI 2017. Yaitu:

  1. Nailu Rohmatika dan Chorul Sholeh sebagai DUTA DUTI BPI 2017
  2. Wiwit Cahyatil Chasanah dan Ari Bukhoiri sebagai BEST PERFORMANCE
  3. Muhammad Al Fikri sebagai BEST TALENT

(marqib/1968)

PEKAN STUDY SOSIALISASI BPI

Perkenalan dan arah Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo atau biasa disebut PSSI (Pekan Study Sosialisasi BPI) merupakan kegiatan rutinan untuk mahasiswa baru guna memperkenalkan jurusan lebih dalam serta arah atau output dari jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam itu sendiri.

Sedikit perbedaan ditahun ini bila biasanya hanya sekedar pengenalan jurusan, namun pada kali ini Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (HMJ BPI) sedikit menambah kegiatan yaitu dengan menyisipkan berkaitan dengan Keorganisasian yang dirasa cukup penting untuk kalangan Mahasiswa.

Kegiatan ini diharap bisa membuat Mahasiswa BPI lebih mengetahui dan memahami berkaitan Jurusan dan juga mengetahui pentingnya Organisasi yang diisi Ketua Jurusan serta Sekretaris Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) dan untuk materi keorganisasian sendiri diisi oleh saudara Rikyat Mubarok Hasan, S. Sos, yang merupakan alumnui jurusan BPI serta memiliki jiwa serta dedikasi tinggi pada organisai pada masanya.(marqib/1968)