HMJ KPI

DISKUSI INTERAKTIF PERDANA HMJ KPI

Semarang-Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMJ KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo menyelenggarakan diskusi interaktif perdana bersama mahasiswa baru (maba) Jurusan KPI angkatan 2017. Diskusi dilaksanakan pada rabu, 4 Oktober di taman Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Tamda) dengan tema Komunikasi Islam dan merujuk pada sub tema “Idealkah Komunikasi Islam menjadi Solusi Berita Hoax”.

Diskusi berlangsung secara interaktif, moderator membagi peserta menjadi dua kelompok untuk mendiskusikan tema diskusi sebalum dipresentasikan di depan secara bergantian. Banyak pendapat yang diutarakan peserta terkait dengan tema diantaranya Bayu Anggara yang mengungkapkan bahwa “Komunikasi Islam itu ideal untuk solusi persoalan hoax, jika dilihat orang non muslim bisa menangkal hoax mengapa tidak dengan orang Islam yang mempunyai Al-Qur’an dan Hadist yang menjadi pegangan umat Islam. Pendapat tersebut dikuatkan lagi oleh M. Erfan Ardiansyah yang menyatakan bahwa Komunikasi Islam bisa menjadi solusi dan proses filter untuk berita hoax, hal tersebut bisa ideal karena landasan dari komunikasi Islam adalah Al-Qur;an dan Hadis yang membahas persoalan duniawi yang bisa dijadikan pembenaran dari adanya berita hoax.

Saat diskusi berlangsung, muncul beberapa pertanyaan dan pernyataan yang diutarakan peserta diskusi. Namun, hal tersebut ditengahi oleh Naeli Hidayah selaku Koordinator Departemen Wacana sekaligus pengisi acara diskusi. Hal tersebut ditanggapi oleh M. Syafiuddin selaku Ketua HMJ KPI yang mengatakan “Diskusi diadakan tidak lain sebagai wadah melatih bagi maba untuk mengungapkan pendapat jika dirasa di kelas masih belum bisa menyalurkan pendapat karena adanya dosen, Syafiuddin juga berhaparap materi yang telah didiskusikan bersama dapat mengena pada peserta”. Diskusi perdana ini dihadiri sebanyak 22 mahasiswa KPI 2017 dan beberapa pengurus HMJ KPI. Minimnya pesera diskusi dikarenakan jadwal kuliah mahasiswa baru bertabrakan dengan waktu diskusi. Akan tetapi, M. Erfan Ardiansyah salah satu mahasiswa yang mengikuti diskusi mengatakan   “ Sedikitnya peserta yang megikuti diskusi bisa membuat teman-teman lebih focus dalam menyimak dan memperhatikan jalannya diskusi”.(Aldini/HMJ KPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *