Webinar “Start-Up: It’s Time to Take Action For Your Dream” LBKI UIN Walisongo Semarang

Pada hari Minggu, 4 April 2021, Lembaga Bimbingan Konseling Islam (LBKI) UIN Walisongo Semarang mengadakan website seminar (webinar) dengan tema “Start-Up: It’s Time to Take Action For Your Dream”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet dan Live Youtube LBKI yang dihadiri sekitar 55 peserta dari berbagai daerah dan kalangan.

Webinar ini dipandu oleh Dian Safitri selaku MC dan dibuka oleh Ibu Yuli Nur Hasanah, S.Ag., M.Hum selaku ketua Laboratorium Dakwah UIN Walisongo Semarang. Ahmad Shofwan, selaku ketua LBKI juga memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa webinar ini merupakan salah satu program dari LBKI selama pandemi berlangsung. Selain itu, LBKI juga memiliki Sahabat Konselor yang hadir untuk mendampingi dan meberikan konseling kepada teman-teman sebaya di bawah bimbingan dosen professional.

Pemateri-pemateri diperkenalkan oleh Lilis Kuraisin selaku moderator. Pada kesempatan kali ini, dihadirkan dua pemateri hebat, yaitu Fiyan Tika Nurochmah (juara 1 Lomba Media BK Nasional) dan Nasrullah Hidayah (Content Creator). Kedua pemateri berasal dari Divisi Kominfo LBKI UIN Walisongo Semarang.Kedua pemateri membicarakan tentang meraih mimpi, mulai dari persiapan hingga aksi yang dilakukan untuk meraihnya.

Fiyantika, selaku pemateri pertama menyampaikan, “know your self first before take action”. Pahami diri sendiri sebelum beraksi. Remaja merupakan masa transisi dengan berbagai macam cirinya. Remaja juga suka untuk mengeksplor berbagai macam hal. Dan disinilah diperlukan perencanaan karir sebagai tugas dari perkembangan remaja. Tidak jarang remaja mengalami kesusahan dalam merencanakan karir karena ragu dan belum memiliki gambaran secara jelas tentang masa depan. Remaja juga tidak bisa dipisahkan dengan permasalahan-permasalahannya, mulai dari penampilan, pendidikan, percintaan, krisis kepercayaan diri, sampai persahabatan. Namun, permasalahan-permasalahan ini jangan sampai menghambat dalam meraih mimpi. Don’t stop dreaming start doing.

Sementara itu, Nasrullah selaku pemateri kedua menyampaikan bahwa dalam meraih mimpi, semakin lama kita menunggu maka semakin lama pula kita meraih mimpi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan aksi nyata untuk merealisasikan mimpi kita. Beberapa orang menjadi hebat saat segala sesuatu berjalan dengan baik, tetapi beberapa orang ambruk saat segala sesuatu tidak berjalan dengan baik. Disinilah kita harus tabah karena hal yang penting dalam kesuksesan adalah ketabahan. Kesuksesan bukan hanya milik orang yang berbakat dan pintar namun juga milik orang yang mau fokus, mengontrol diri, dan bertahan dalam kesulitan. Oleh karena itu, kemauan kita harus besar supaya kita bisa mencapai kesuksesan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *