FDK UIN Walisongo Semarang Laksanakan Wisuda Secara Blended

Semarang (24/02/2021) Fakultas Dakwah dan Komunikasi menggelar Wisuda Sarjana Program S1 dan Program Magister S2 di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo. Acara dihadiri oleh jajaran Dekanat, Jurusan, dan mahasiswa, serta perwakilan darmawanita FDK.

Wisuda kali ini dilaksanakan secara luring yang dibagi ke dalam dua sesi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mahasiswa yang berhalangan hadir secara luring difasilitasi secara virtual melalui platform Zoom.

Sesi pertama diikuti oleh 76 wisudawan yang terdiri dari Progam Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan Program Magister Komunikasi Penyiaran Islam (KPI/S2). Sedangkan sesi kedua diikuti oleh 76 wisudawan, terdiri dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), dan Manajemen Dakwah (MD).

Meski diselenggarakan dengan protokol kesehatan, wisuda FDK tidak kehilangan esensinya. Hal ini terlihat dari sambutan Dekan FDK, Ilyas Supena, yang mendorong mahasiswa untuk senantiasa adaptif dengan perubahan.

“Situasi tak terduga di masa-masa mendatang menuntut kita dan para wisudawan khususnya untuk harus beradaptasi. Pandemi adalah salah satu di antara banyak tantangan baru yang harus disikapi secara adaptif itu,” ungkapnya.

Transisi kegiatan akademik dan non-akademik dari online ke off-line juga menjadi perhatian khusus Dekan FDK. “Adaptasi dalam konteks tansisi dari luring ke daring menuntut perhatian kita bersama. Dan kita sudah membuktikan, dengan tetap bisa eksis dan survive di tengah pandemi, baik dalam kegiatan akademik di kampus maupun kegiatan sosial di luar kampus,” tegasnya.

Selain itu, Dekan berpesan kepada para wisudawan agar menerapkan ilmu dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. “Kalian, para wisudawan, harus menunjukkan kompetensi keilmuan dan sikap akhlak-moralitas secara bersamaan. Di lapangan, kompetensi adalah satu hal. Hal yang lain adalah kemampuan dalam menampilkan pribadi yang kokoh, kerja keras, bermotivasi tinggi, tidak gampang menyerah, serta yang paling utama adalah sebagai duta UIN, kalian harus menjaga nama baik almamater,” ujarnya.

Perhelatan wisuda ditutup dengan pembacaan doa oleh Drs. H. Kasmuri dan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *