Studium Generale FDK: “Meningkatkan Iman dan Imun di Masa Pandemic Covid melalui Ibadah : Kajian Psikoneuroimunologi”

Dalam rangka menyambut perkuliahan semester Genap 2020/2021, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan Studium Generale (SG) secara online melalui Zoom yang dilaksanakan pada Selasa (16/02/2021). Menghadirkan pembicara Dr. dr. H. Muchlish Achsan Udji Sofro, Sp. PD., KPTI. FINASIM (KSM Penyakit Dalam RSUP Dr. Kariadi Semarang dan Dosen Fakultas Kedokteran UNDIP) dan Dr. Ema Hidayanti, S. Sos.I., M.S.I (Ketua Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo).

Acara dibuka langsung oleh rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag. Rektor mengapresiasi penuh tema studium ini sebagai bekal perkuliahan bagi mahasiswa dimasa pandemi. Beliau menyampaikan, “Relasi imun sangat terkait sekali dengan psikologi (badan) kita sehingga tema SG ini sangat baik sekali dalam rangka ibadah dalam meningkatkan imun oleh pemateri.” sambungnya.
Di sisi lain, studium general diperlukan sebagai upaya mengembalikan semangat studi bagi mahasiswa. Hal ini disampaikan Dekan FDK, Dr. Ilyas Supena, M.Ag dalam sambutannya. “Studium general dilaksanakan untuk merefresh mahasiswa setelah liburan agar bersemangat kembali mengikuti perkuliahan,” ungkapnya.

Studium general kali ini mengusung tema Meningkatkan Iman dan Imun di Masa Pandemic Covid melalui Ibadah : Kajian Psikoneuroimunologi. Untuk membahas tema tersebut FDK menghadirkan Dr. dr. H. Muchlish Achsan Udji Sofro, Sp. PD., KPTI. FINASIM (narasumber pertama), dan Dr. Ema Hidayanti, S. Sos.I., M.S.I (narasumber kedua). Narasumber pertama menjelaskan imunitas perlu dijaga selama masa pandemic, ibadah dapat meningkatkan imunitas, dan iman dan imun dapat dihubungkan dengan Pendekatan Psikoneuroimunologi. Sementara itu, narasumber kedua menjelaskan Irsyad dapat menumbuhkan Koping religius melalui ibadah untuk meningkatkan imunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *