FDK UIN Walisongo Selenggarakan Workshop Teknologi Pembelajaran Berbasis IT

Workshop Teknologi Pembelajaran Fakultas Dakwah dan Komunikasi selama dua hari 16-17 November 2020 bertempat di Griya Persada Convention Hotel & Resort, Bandungan, Kabupaten Semarang. Workshop ini menghadirkan dua pembicara yang kompeten di bidang teknologi digital. Selain itu Tim Media Learning FDK terdiri dari dosen-dosen muda juga mendampingi dalam kegiatan workshop ini.

Hari pertama, pemateri memaparkan media pembelajaran, proses awal mendengarkan penjelasan kinemaster dan videoscribe oleh Nurseno Bayu Aji, S.Kom., M.Kom. dan Amran Yobioktabera, S.Kom., M. Kom. Setelah itu para peserta yang terdiri dari dosen-dosen FDK mempraktikkan dengan membuat materi perkuliahan daring.

Hari kedua, narasumber memaparkan media pembelajaran Camtasia dan Prezi, diikuti praktik pembuatan video perkuliahan oleh para peserta workshop.

Setelah praktik membuat video, narasumber mengevaluasi karya dari peserta workshop. 

Narasumber menjelaskan, jenis aplikasi yang dipaparkan tidak harus digunakan semua, hal ini menyesuaikan kebutuhan perkuliahan, karena setiap media memiliki kelebihan dan fitur masing-masing.

Penutupan pemberian kenang-kenangan kepada para narasumber.

“Waktu yang singkat dan materi padat semoga memberi manfaat kepada dosen untuk meningkatkan mutu pengajaran daring”, Pak WD 1.

Pak Ilyas, harapan output agar dosen menguasai 4 media pembelajaran, minimal salah satunya karena sebagian dari tanggungjawab kita bersama, komitmen kualitas pembelajaran di FDK harus lebih hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *