Laboratorium Dakwah FDK UIN Walisongo Gelar Webinar Internasional Secara Virtual

 

 

 

Peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya kegiatan perkuliahan di ruang kelas yang kini berpindah di ruang virtual karena pandemi Covid 19, namun kegiatan praktikum juga perlu disoroti. Menanggapi problem akademik praktikum di laboratorium, yang kini harus diminimalisir bahkan terhenti karena dampak pandemi, Laboratorium Dakwah (Fakda) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang menggelar webinar internasional dengan tema Virtual Da’wa Laboratory in the Pandemic Period: Opportunities, Challenges and Advantages, pada Rabu, 7/10/ 2020, menggunakan platform Zoom, selain itu acara juga bisa diikuti via youtube WTV dan podcast MBS.

Dekan FDK, Dr. H. Ilyas Supena, M.Ag menjelaskan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Virtual Da’wa Laboratory sudah dilaksanakan di Lingkungan FDK UIN Walisongo baik oleh dosen maupun mahasiswa dalam bentuk Gema Ramadhan lalu, bahkan aktivitas mahasiswa sudah diakui sebagai KKN oleh LPPM UIN Walisongo.

 

Lebih lanjut, Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M. Ag, memaparkan Virtual Laboratory menjadi salah satu terobosan homebase kajian da’wa dengan tetap menjaga nilai-nilai moderate, dan toleransi. “Virtual Da’wa Laboratory juga dapat dijadikan sebagai research center, selain itu, juga dijadikan skill improvement center dan menjadi virtual small laboratory (portable),” serunya sekaligus membuka acara webinar ini secara resmi.

Webinar yang diikuti 200 peserta di platform Zoom Meeting, menghadirkan lima narasumber akademisi dan peneliti baik dari dalam negeri maupun luar negeri, antara lain, Prof. Osman Koroglu Ph.D (Head of Mass Comunication Departement, Nike University of Nigeria, Abuja), Prof. Abdul Wahab Abdul Rahman, Dean of Faculty of Information and Communication Technology, (IIUM Malaysia), Dr. Muhammad Muryadi, M.Ag, (Kemenag), Dr. M. Sulthon, M.Ag (Dosen FDK UIN Walisongo), Bayu Mitra A. Kusuma, S.AP., M.AP., M.Pol.Sc (Dosen dan Kepala Pusat Studi Kecerdasan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Para peserta sangat antusias mengikuti jalannya webinar hingga akhir, “Acara yang bagus. Selain materi yang menarik, para narasumber yang dihadirkan pun expert di bidangnya,” Ujar Nur Fitriyah, peserta webinar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *