Kembangkan Keilmuan Dakwah dan Komunikasi, FDK Gelar Call For Papers dan Seminar Online

Semarang, 04 Oktober 2020 – Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang mengundang para akademisi maupun praktisi di bidang dakwah untuk berpartisipasi dalam pengembangan keilmuan dakwah dan komunikasi melalui call for papers dengan tema besar “Dakwah, Komunikasi, dan Konseling: Penguatan Keilmuan Dakwah dalam Scope Komunikasi, Bimbingan, dan Konseling”.

Tema tersebut dijabarkan lebih luas lagi dalam 3 sub tema, yaitu dakwah dalam tinjauan teoritik dan praktik; dakwah dan isu-isu bimbingan konseling; dakwah dan isu-isu komunikasi dan media. Ketiga sub tema ini merupakan fokus dan scope dari tiga jurnal yang dimiliki FDK, yakni Jurnal Ilmu Dakwah (JID), Islamic Communication Journal (ICJ), dan Journal of Advanced Guidance and Counseling (JAGC).

Kegiatan ini memiliki tujuan mengembangkan keilmuan dakwah dan peningkatan kapasitas jurnal dengan mempertimbangkan 5 poin, yaitu Menggali dan mendalami bangunan teoritik keilmuan dakwah dengan disiplin keilmuan sosial lainnya; Mengelaborasi perkembangan keilmuan dakwah menggunakan pendekatan disiplin keilmuan sosial; Mengeksplorasi scope studi komunikasi dan bimbingan-konseling untuk melihat ruang dan celah strategis integrasi keilmuan; Membentuk formula integrasi keilmuan dakwah dengan komunikasi dan bimbingan konseling dalam riset-riset ilmiah; dan Memperkuat perpaduan antara keilmuan dakwah dengan komunikasi dan bimbingan konseling.

Kemudian, pengiriman artikel dapat dilakukan melalui tautan s.id/call4papers. Pengiriman abstrak diterima paling lambat 14 Oktober 2020, kemudian 17 Oktober 2020 akan diumumkan LoA abstrak. Sedangkan batas pengiriman full artikel pada 23 Oktober 2020, dan pada 25 Oktober 2020 akan diumumkan LoA artikel. Untuk 20 artikel terpilih akan berkesempatan mempresentasikan dalam sesi panel dan mendapatkan insentif uang tunai Rp500.000.

Tak kalah seru, acara ini akan diisi pula dengan seminar online yang dihadiri oleh pakar-pakar di bidangnya yakni, Prof Etin Anwar PhD dari Hobart and William Smith Colleges New York; Prof Andi Faisal Bakti MA PhD dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Prof Dr Muh Japar MSi Kons dari Universitas Muhammadiyah Magelang; Dr Muhammad Sulthon MAg dari UIN Walisongo Semarang; dan akan dimoderatori oleh Dra Hj Amelia Rahmi MPd Editor in Chief Islamic Communication Journal (ICJ).

Turut hadir membuka acara, Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr Imam Taufiq MAg, Ketua Umum PPJID Dr Uwes Fatoni MAg, dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr Ilyas Supena MAg.

Seminar online ini akan dihelat pada Selasa, 27 Oktober 2020 mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, melalui platform Zoom Meeting dengan kapasitas 500 orang. Peserta dapat melakukan pendaftaran seminar melalui tautan s.id/call4papers, dengan memilih kategori peserta seminar. Selain itu, kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui Kanal YouTube Walisongo TV, MBS Podcast, dan Walisongo Publishing.

Selain dalam rangka meningkatkan kualitas jurnal bereputasi, kegiatan ini juga sebagai wujud dukungan dan sumbangsih Fakultas Dakwah dan Komunikasi terhadap visi besar UIN Walisongo menjadi kampus riset dengan integrasi keilmuannya. (SU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *