Sambut Semester Gasal 2020/2021, FDK Adakan Pelatihan dan Simulasi E-Learning

Covid 19 atau Virus Corona membawa dampak yang tidak sederhana bagi banyak sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan di perguruan tinggi. Merespon situasi Pandemi Covid 19 yang masih menunjukkan angka kenaikan, FDK UIN Walisongo Semarang mengadakan pelatihan dan simulasi e-learning secara offline yang bertempat di ruang sidang FDK, dan via online dengan platform Zoom (13/08/20).

Pelatihan dan simulasi dimaksudkan untuk membekali para dosen tentang teknis-aplikatif penggunaan platform e-learning UIN Walisongo. Dekan FDK, Dr. Ilyas Supena, M.Ag. manyatakan, “kegiatan ini merupakan tindak respons terhadap kebijakan pembelajaran dengan metode blanded learning di masa Covid 19. Para dosen diharapkan agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan mengimplementasikan platform e-learning hasil dari pelatihan dan simulasi.”

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 60 peserta ini menghadirkan Kepala PTIPD, Lulu’ Chorun Nisa, M.S.I beserta tim fasilitator dari dosen FDK, yaitu Abdul Karim, Mustofa Hilmi, dan Lukmanul Hakim.

Lulu’ dalam pengantar pelatihan memaparkan urgensi penggunaan e-learning. Evaluasi terhadap media pembelajaran pada semester genap 2020 juga menjadi sorotannya.
“Berdasarkan hasil evaluasi semester genap, belum banyak para dosen yang menggunakan e-learning Walisongo, padahal para dosen bisa memanfaatkan e-learning sebagai ruang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi perkuliahan secara rapi dan terstruktur. E-learning juga menawarkan efisiensi”, ungkapnya. Lulu juga menambahkan, “banyak para dosen mengeluhkan susahnya penggunaan e-learning, maka kami sangat mengapresiasi adanya pelatihan dan simulasi penggunaan e-learning oleh FDK.”

Lebih jauh, kegiatan pelatihan dan simulasi secara teknis dan aplikatif dipandu langsung oleh tim fasilitator FDK yang telah memperoleh pembekalan dari PTIPD. Fasilitator mengarahkan peserta pelatihan tentang cara log in ke akun e-learning, mengisi data diri dosen, mengatur sesi perkuliahan, menginput rencana perkuliahan (RPS), melaksanakan perkuliahan, hingga evaluasi perkuliahan.

Para peserta baik yang tergabung melalui offline maupun online terlihat antusias mengikuti pelatihan. Kegiatan simulasi berakhir pada pukul 12.00 WIB dengan kata penutup dari Wakil Dekan I FDK, Drs. H. M. Mudhofi, M.Ag., yang berharap pelatihan dan simulasi e-learning dapat memudahkan para dosen dalam menggunakan e-learning Walisongo sehingga pembelajaran berjalan sesuai rencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *