Gema Ramadhan FDK di Tengah Pandemi Covid 19

Semarang, 04/05/2020—Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1441 H di tengah wabah Covid 19, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan Gema Ramadhan yang ditayangkan secara online melalui channel Youtube dan Instagram _Walisongo TV_ dan _Radio MBS_ Laboratorium Dakwah. Hal ini sebagai tindak lanjut terhadap Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawwal 1441 di Tengah Pandemi Covid 19 dan Surat Rektor Nomor B-1661/Un.00/R/HM.00/3/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Pengaturan Kehadiran dan Bekerja dari Rumah/Tempat Tinggal.


Gema Ramadhan FDK memiliki beberapa program, yaitu _Great Spirit_ (rekaman kultum 7 menit harian) oleh para dosen FDK; Kajian Kitab Kuning (LIVE streaming harian) yang disampaikan oleh para pimpinan dan dosen pakar; dan Story of Ramadhan/Ramadhan Kita (harian) oleh mahasiswa. Di samping program harian tersebut terdapat program khuusus, yaitu Tadarus/Khatmil Qur’an, Nuzul al-Qur’an, dan Halal bil Halal Idul Fitri (LIVE streaming) yang mengikusertakan seluruh pimpinan FDK, dosen, tendik, dan mahasiswa.

Agenda tersebut selain berorientasi dakwah juga berguna bagi pengembangan akademik dan skills mahasiswa. Dekan FDK, Dr. Ilyas Supena, M.A melalui wawancara via WhatsApp menyatakan, “Acara ini didesain secara komprehensif sebagai ikhtiar Fakultas Dakwah dan Komunikasi dalam mewarnai Ramadhan dengan sesuatu yang bermanfaat bagi umat, dengan mengedepankan nilai-nilai Islam yang ramah berbasis konsep _rahmatan lil alamin._ Selain itu, tentu agenda ini dapat menjadi wadah pengembangan kemampuan dan kreatifitas mahasiswa dalam penguasaan media di era digital.” Beliau pun menghimbau semua pihak di lingkungan FDK untuk bisa mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Senada dengan itu, Wakil Dekan I FDK, Drs. H.M. Mudofi, M.Ag juga memberikan apresiasi. “Kegiatan yang diinisiasi oleh pimpinan FDK ini sungguh di luar dugaan. Ternyata kegiatan yang hanya didukung dengan fasilitas sederhana dan serba terbatas sarat dengan kreativitas yang sangat variatif dan inovatif sehingga memperoleh sambutan yang espektatif dari berbagai kalangan, terutama dari keluarga besar civitas akademika FDK dan UIN Walisongo Semarang,” ungkapnya.

Secara teknis, kelancaran kegiatan tentu tidak terlepas dari kerjasama dan koordinasi yang baik antar semua panitia, tim WTV dan MBS, serta HMJ dan UKM yang ada di lingkungan FDK. Wakil Dekan III, Dr. Ali Murtadho, M.Pd, sebagai penangungjawab, merasa optimis kegiatan bisa berjalan lancar atas kerjasama yang solid. “Saya sudah menggerakkan seluruh HMJ dan UKM kemahasiswaan untuk terlibat aktif dan kontributif dalam kegiatan ini. InsyaAllah semuanya berjalan lancar,” ungkapnya. Secara khusus, seluruh pimpinan FDK pun mengucapkan terima kasih atas partisipasi, koordinasi, dan kerjasama semua panitia dan tim dalam menyukseskan kegiatan.

Sejak berita ini ditulis, kegiatan Gema Ramadhan ini masih sedang dan terus berlangsung, dan akan berakhir dengan sebuah kegiatan puncak, yaitu acara Halal bi Halal pada momentum Idul Fitri nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *