Tingkatkan Kualitas Jurnal, Pengelola ICJ Ikuti Webinar PPJID

Semarang – Pengelola Islamic Communication Journal (ICJ) mengikuti webinar atau pelatihan daring  pengelolaan jurnal seri kedua yang diselenggarakan oleh PPJID (Perkumpulan Pengelola Jurnal Ilmu Dakwah) pada Sabtu (18/04).

Ditengah pandemi covid-19 yang melanda dunia, PPJID menyelenggarakan pertemuan secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Pertemuan daring ini telah terjadi selama dua kali dengan materi yang berbeda setiap pertemuan, yakni materi proses akreditasi jurnal pada pertemuan pertama dan materi reakreditasi jurnal serta bedah jurnal pada pertemuan kedua.

“Pertemuan selama tiga jam ini sangat efektif menambah wawasan mengenai akreditas jurnal dan tentunya pengelolaan jurnal secara umum,” kata Amelia Rahmi, Pengelola Islamic Communicaton Journal.

Peserta yang turut hadir melalui sistem daring ini cukup banyak, yakni ada 50 peserta yang berasal seluruh anggota PPJID di Indonesia.

Seri kedua ini dipandu oleh Syahril Furqan, selaku Wakil Ketua PPJID dan Pengelola Jurnal Al-Bayan UIN Ar-Raniry Aceh dengan mengadirkan narasumber Ketua PPJID, Uwes Fatoni yang juga Pengelola jurnal Ilmu Dakwah UIN Bandung dan Aprezo Pardodi Maba, Pengelola Jurnal Islamic Guidance and Counseling (IGCJ) IAIM NU Metro Lampung. Keduanya mengelola jurnal yang sudah terakreditasi Sinta 2.

Dalam paparannya, Uwes Fatoni menjelaskan tentang syarat akreditasi, proses penilaian akreditasi, dan diakhiri dengan membedah jurnal Al Bayan dari salah satu peserta. Sementara Aprezo berbagi pengalaman dan tips membawa jurnal IGCJ meraih predikat Sinta 2 sejak terbitan pertama.

“ Pengelola jurnal harus banyak belajar, membuat tampilan, dan pengelolaan jurnal yang baik, siapkan editor dan reviewer jurnal yang bersedia membantu persiapan jurnal, dan lakukan penilaian evaluasi diri dengan meminta pandangan dari asesor internal,” kata Aprezo kepada para peserta.

Secara terpisah, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikas UIN Walisongo Semarang DR. Ilyas Supena, M.Ag mengapresiasi pelatihan melalui sistem daring tersebut.

“Inisiatif pelatihan dan pendampingan ini merupakan kegiatan penting sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas jurnal yang ada di fakultas dakwah sekaligus meningkatkan rekognisi jurnal, naik di tingkat nasional maupun internasional.

Terkait pengelolaan jurnal di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, ia memberikan apresiasi kepada segenap tim pengelola.

“Apresiasi khusus saya berikan kepada pengelola ICJ dan JID, atas dedikasi luar biasa, tidak mengenal lelah untuk meningkatkan kualitas jurnal,” sambungnya.

Kegiatan pelatihan secara daring ini akan terus dilakukan secara rutin oleh tim PPJID dengan materi yang terus berkembang dan menjadikan kualitas jurnal keilmuan dakwah menjadi semakin baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *