Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Gelar Pelepasan Calon Wisudawan Sarjana Ke-77 dan Magister ke-18

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang menggelar acara Pelepasan Calon Wisudawan pada Wisuda Sarjana ke-77 dan Magister ke-18 periode 27 Januari 2020, bekerjasama dengan Ikatan Alumni Sarjana Dakwah (IKASDA). Acara ini dihadiri Dekan dan jajarannya, kajur dan sekjur, dosen, tenaga kependidikan, calon wisudawan, serta tamu undangan.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan Indonesia Raya dan Hymne UIN Walisongo Semarang, dilanjutkan dengan penyampaian laporan calon wisudawan FDK oleh Wakil Dekan (WD) I Bidang Akademik, Drs. Mudhofi, M.Ag. WD I melaporkan terdapat 138 calon wisudawan, dengan rincian 45 mahasiswa dari Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), 40 mahasiswa dari Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), 38 mahasiswa Manajemen Dakwah (MD), 11 mahasiswa dari Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, serta 4 mahasiswa dari program Magister KPI.

Calon wisudawan berpredikat prestasi terbaik memenuhi kriteria tri etika kampus (ilmiyah, diniyah, ukhuwah). Kriteria
Ilmiah terdiri dari IPK, ketepatan waktu kelulusan, kualitas skripsi, dan publikasi ilmiah.
Kriteria Diniyah terdiri dari nilai Hifdzul Quran dan integritas moral, semantara kriteria Ukhuwah terdiri dari keaktifan di organisasi dan interaksi sosial dengan mahasiswa, dosen, dan karyawan.

 

Adapun wisudawan terbaik dari masing-masing jurusan, yaitu Ana Arifianti dari Jurusan BPI dengan IPK 3,83 dan Skripsi berjudul “Bimbingan Konseling Spiritual bagi Lansia (Studi Komunikasi Terapeutik Rohaniawan dalam Menangani Problem Psikososial di Klinik Geriatri RSI Muhammadiyah Kendal)”; Millati Azka sebagai lulusan terbaik dari jurusan KPI dengan IPK 3,84, dan Skripsi berjudul “Komunikasi Profetik Imam Al-Ghazali terhadap Penguasa (Analisis Deskriptif Surat-surat Imam Al-Ghazali kepada Para Sultan)”; Laila Nur Azizah wisudawan terbaik dari Manajemen Dakwah dengan IPK 3,75 dan Skripsi berjudul “Strategi Dakwah KH. Masduqi Zain dalam Upaya Memakmurkan Masjid Ad-Da’wah Karangjati Kabupaten Semarang”, dan Siti Ani Munasaroh sebagai lukusan terbaik dari jurusan PMI dengan IPK 3,86 dan Skripsi berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal”, serta Eka Wigiantin wisudawan terbaik dari Program Master (S-2 KPI) dengan IPK 3.79 dan Tesis berjudul “Identitas Keislaman Cah Hijrah Kota Semarang (Studi Analisis Strategi Dakwah)”.

Setelah acara formal pelepasan dan pemberian penghargaan kepada masing-masing calon wisudawan, Dekan FDK, Dr. Ilyas Supena, M.Ag tampil memberikan sambutan. Dalam sambutannya, dekan bercerita tentang pengalaman yang penuh dinamika dalam membimbing mahasiswa. Dekan berpesan agar mahasiswa bisa bermanfaat bagi masyarakat dengan tetap menjaga nama baik Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan UIN Walisongo. “Etika ilmiah, diniyyah, dan ukhuwwah harus dipertahankan ketika kelak terjun ke masyarakat,” tegas Dekan FDK.

Di samping sambutan dari Dekan FDK, acara pelepasan wisuda kali ini juga menghadirkan alumni Fakultas Dakwah Tahun 2007, Bapak Mustafid. Beliau menjabat Sekretaris Desa Pemerintah Desa KarangTengah Kaliwungu Kabupaten Kendal.

Selama menjadi mahasiswa, Mustafid adalah Presiden BEM IAIN Walisongo 2005. Yang bersangkutan sengaja diundang untuk memberikan motivasi bagi para calon wisudawan FDK. Dalam orasinya, Mustafid menyampaikan, “kalau kita punya kemauan dan keinginan serta penuh optimisme, kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan distingtif. Pastikan semua yang ada di hadapan teman-teman dilakukan dengan penuh optimisme.” Mustafid juga bercerita tentang pengalamannya dalam menghasilkan aplikasi-aplikasi berbasis excel yang bermanfaat. Karenanya, di akhir orasinya, Mustafid berpesan, “yakini bahwa teman-teman bisa dan bisa.”

Di sela-sela acara formal, pelepasan wisuda ini dihibur dengan penampilan Tari Luyung dari Komunitas Gandhes Luwes dan lagu Kalosebo dari komunitas WADAS FDK.

Acara ditutup dengan pembacaan doa dan harapan agar para wisudawan dapat mendarmabaktikan ilmunya di tengah masyarakat, bermanfaat bagi bangsa, negara, dan agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *