Rapat Persiapan Perkuliahan Semestar Genap 2019/2020

Semarang, Kamis 23/01/2020, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) melaksanakan rapat persiapan perkuliahan semestar Genap 2019/2020. Rapat diselenggarakan di Ruang Sidang Utama FDK yang dihadiri jajaran pimpinan Fakultas, dosen tetap, dosen luar biasa, dan tenaga kependidikan.

Mengawali rapat, Dekan FDK, Dr. Ilyas Supena, M.Ag memaparkan tentang kebijakan umum FDK. Kebijakan umum dimaksud berkaitan dengan tantangan yang dihadapi FDK ke depan, khususnya mengenai format pembelajaran dalam konteks generasi milenial. “Dosen FDK harus mampu memilih strategi yang tepat dalam konteks digital saat ini. E-learning adalah di antara motode pembalajaran yang dapat kita adopsi, ” Ungkap Dr. Ilyas Supena.M.Ag

Selain itu, hasil capaian IKU FDK juga menjadi bahasan penting dari dekan FDK. Pada ulasannya, beliau menyarankan, “Capaian IKU FDK masih butuh peningkatan di masa-masa mendatang. Karenanya kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan.”

Pemaparan kedua disampaikan oleh Wakil Dekan (WD III) Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ali Murtadho, M.Pd. Paparannya lebih banyak fokus pada MoA yang telah dilakukan selama 2019 dan 2020 dalam kemahasiswaan. Capaian dan peningkatan prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional juga menjadi concern beliau. WD III menjelaskan, “Prestasi mahasiswa perlu didukung, diberikan akses penuh untuk mendapatkan support dari fakultas.”

Prestasi akademik mahasiswa ini dapat membantu kelancaran akreditasi Prodi di lingkungan FDK. “Ini penting menjadi perhatian kita bersama. Pada gilirannya, prestasi mahasiswa sangat membantu kelancaran akreditasi, apalagi mahasiswa kita sudah ada yang memperoleh rekognisi nasional bahkan internasional,” pungkasnya.

Dilanjutkan pemaparan WD II, Dr. Safrodin, M.Pd secara fokus memaparkan tentang tugasnya yang meliputi administrasi dan keuangan. Berbicara anggaran dan keuangan, WD II mendorong penuh dosen-dosen yang sedang studi doktoral untuk segera ujian promosi. Dukungan ini diberikan dalam bentuk bantuan finansial untuk ujian promosi. “Jadi kita akan berikan bantuan dana promosi bagi dosen yang sedang studi S3 saja, bukan dana proses studi. Ini ditujukan untuk memotivasi dosen-dosen agar segera lulus doktor,” terangnya.

Kegiatan rapat diakhiri dengan pembahasan substantif mengenai kerja akademik oleh Wakil Dekan I, Drs. Mudhofi, M.Ag. WD I membahas tentang absensi kehadiran dosen, keaktifan dan kinerja dosen, Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), perwalian dan bimbingan. Dalam ulasannya mengenai SKPI, WD I mengatakan, “Masing-masing dosen diminta memverifikasi kelengkapan dokumen SKPI mahasiswa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *