Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) 2020

Ratusan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengikuti pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Semester Genap 2019/2020 di gedung Laboratorium Dakwah Kampus 3 UIN Walisongo, Kamis, 2 Januari 2020. Mereka mengikuti pembekalan yang dibuka langsung oleh Dekan FDK UIN Walisongo, Dr Ilyas Supena, M,Ag. Dalam sambutannya, Dekan menyatakan kegiatan akademik harus selaras dengan visi dan misi Fakultas hingga Universitas.

Dekan menekankan agar peserta PPL harus menguasai kompetensi profesional sesuai prodi yang terdapat di FDK UIN Walisongo yakni Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Manajemen Haji dan Umroh (MHU), Manajemen Dakwah (MD) serta Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) yang diperkuat dengan kompetensi sosial keagamaan melalui kemampuan menyesuaikan diri dan inisiatif yang baik di tempat mitra praktek.

Kegiatan PPL ini akan diselenggarakan selama 1 bulan, dimulai tanggal 6 Januari 2020 sampai dengan 6 Februari 2020. PPL Semester Genap ini diikuti oleh 302 mahasiswa praktikan, dengan rincian 73 Mahasiswa BPI, 92 mahasiswa KPI, 78 mahasiswa MD, 43 mahasiswa PMI dan 16 mahasiwa MHU. Secara Umum, mahasiswa BPI melaksanakan PPL di Rumah Sakit di Jawa Tengah, BAPAS Semarang, BNNP Jawa Tengah Kemenag di wilayah Kanwil Jawa Tengah, dan Lemabaga Permasyarakatan. Mahasiswa KPI melaksanakan PPL di Radio, Televisi, Media Surat Kabar, Media Online, dan Advertising. Mahasiswa MD melaksanakan PPL di Kemenag di wilayah Kanwil Jawa Tengah, Badan Amil Zakat, BPBD Jawa Tengah, Dispermades Kendal, serta Lembaga Lembaga Dakwah. Mahasiswa PMI melaksanakan PPL di LSM, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *