JURNAL ILMU DAKWAH DAN ISLAMIC COMMUNICATION JOURNAL IKUTI DEKLARASI PPJID

BANDUNG – Pengelola Jurnal Ilmu Dakwah (JID) dan Islamic Communication Journal (ICJ) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo turut hadir dalam deklarasi pembentukan Perkumpulan Pengelola Jurnal Ilmu Dakwah (PPJID) pada 27-28 Juni 2019. JID diwakili oleh Abdul Ghoni, sedangkan ICJ diwakili oleh Amelia Rahmi, keduanya sama-sama sebagai Editor in Chief di masing-masing jurnal tersebut.

“PPJID ini dibentuk sebagai ruang berbagi informasi dan dukungan untuk kualitas konten dan manajemen, untuk meningkatkan reputasi jurnal keilmuan dakwah,” kata Amelia Rahmi, Editor in Chief Islamic Communication Journal.

Deklarasi ini diikuti sebanyak 50 pengelola jurnal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) baik negeri maupun swasta yang memiliki fakultas dakwah.

Sebelum dilakukan deklarasi, forum ini juga diisi dengan sosialisasi akreditasi jurnal dari Kasubdit Jurnal Ilmiah Kemenristekdikti dan Asesor Jurnal Nasional.

“Sosialisasi ini tentu sangat baik, mengingat ICJ sebentar lagi akan bersiap mengajukan akreditasi jurnal demikian pula dengan JID,” imbuh Amelia Rahmi.

Turut hadir dalam forum ini, Dr Soiman MA selaku Ketua Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI) yang berharap forum ini dapat mengangkat harkat dan martabat fakultas dakwah.

“Hari ini, fakultas dakwah masih dipandang sebelah mata, dengan kegiatan ini saya berharap dapat pula mengangkat martabat fakultas dakwah,”kata Dr Soiman MA dalam sambutannya.

Ia juga menambahkan bahwa APDI akan ikut berkontribusi menyediakan editor dan reviewer dalam menunjang perbaikan kualitas jurnal-jurnal yang ada.

Seluruh peserta secara aklamasi memilih Dr Uwes Fatoni, MAg sebagai Ketua PPJID. Uwes yang juga menjadi Editor in Chief Jurnal Ilmu Dakwah FDK UIN Sunan Gunung Djati ini langsung memimpin FGD untuk persiapan akreditasi jurnal.

“Saya berharap perkumpulan ini berdampak pada implementasi tri dharma perguruan tinggi, terutaa dalam bidang penelitian,” kata Dr Uwes Fatoni MAg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *