Kajur KPI merintis Forum Literasi Media Sebagai Pengawas Media Untuk Menghadapi Tantangan dan Isu Media Saat ini

Kajur KPI merintis Forum Literasi Media Sebagai Pengawas Media

Untuk Menghadapi Tantangan dan Isu Media Saat ini

Forum Literasi Media (FLM) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) gelar  Pra Workshop 2 setelah sukses dengan Pra Workshop 1 Minggu lalu. Pembekalan ini diikuti 36 mahasiswa aktif yang tergabung dalam Forum Literasi Media guna mempersiapkan menjadi pengawas media yang baik dan tangkas di kalangan mahasiswa. Acara berlangsung di Mushola An-Nida Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada hari Minggu (07/04).

Forum ini sebenarnya sudah ada sejak September 2018 hanya saja belum aktif karena keterbatasan anggota yang minim dan bulan ini Forum Literasi Media Membuka Open Recruitment dan terpilihlah 36 Mahasiswa sebagai anggota FLM yang sudah melakukan pembekalan pra workshop untuk mempersiapkan mengikuti workshop nantinya.

Spesialnya dari Pra Workshop 2 ini yaitu mendatangkan Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Ibu Dr. Hj. Siti Solikhati, M.A. Beliau memberikan gambaran mengenai literasi media dan memberikan semangat pada anggota baru untuk menghadapi tantangan di era digitalisasi ini.

“Teman-teman semua mari kita bersama sama menjadi pengawas media bukan lagi pengamat bahkan penikmat media, Forum ini akan sangat keren jika teman-teman mempunyai semangat yang luar biasa untuk mengembangkannya. Era digitalisasi ini media adalah konsumsi kita sehari-hari, dari sini muncul tantangan tantangan yang harus kita tangkap secara cepat dan tepat, saya berharap Forum ini bisa melakukan itu dan menjadi pionir bukan hanya di kalangan mahasiswa tetapi di seluruh masyarakat terutama para ibu-ibu sebagai sasaran empuk yang harus kita berikan pemahaman berliterasi media.” Tuturnya.

Selain itu, Ketua Umum Forum Literasi Media, Imam Syafi’i memberikan bocoran terkait pelaksanaan workshop literasi media  yang diwacanakan akan mengunjungi salah satu lembaga Pengawas Media tingkat provinsi pada akhir April atau awal Mei nanti dan pesan  sekilas pentingnya kita melakukan literasi media pada era milenial ini.

“Insyaallah kita akan melaksanakan kunjungan ke salah satu Lembaga Pengawas Media Tingkat Provinsi pada akhir April atau Awal Mei nanti, Kita dalam forum ini diharapkan bisa menjadi pionir masyarakat luas untuk menjadi pengawas media dan  tangkas terhadap isu-isu media. Pada era digitalisasi ini sebuah Komunitas atau Forum Literasi Media sangat diperlukan untuk hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pemahaman bermedia yang baik Dengan cara Literasi Media.” Tuturnya

Usai Ibu Solikhati memberikan materi, ditutup dengan pemilihan kepengurusan baru secara voting dan terpilih Akhmad Fauzan sebagai ketua angkatan literasi media tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *