PENYERAHAN SERTIFIKAT KOMPETENSI PRAMUWISATA

63 Mahasiswa Manajemen Dakwah Menerima Sertifikat Kompetensi Pramuwisata

Sebanyak 63 Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo menerima sertifikat kompetensi pramuwisata tahap ke 2. Kegiatan yang dilaksanakan Kamis tanggal 24 Januari 2019 tersebut bertempat di Auditorium Laboratorium Dakwah dan dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP) Pramindo, Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Jawa Tengah dan Jajaran Pimpinan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan Benchmarking Kompetensi Jurusan Manajemen Dakwah yang dilaksanakan di Karimun Jawa dan dilanjutkan sertifikasi kompetensi pramuwisata tahun 2018. Dari 66 peserta yang ikut uji kompetensi, sebanyak 63 mahasiswa dinyatakan lulus dan 3 mahasiswa ditanyakan tidak lulus.

Saerozi, S.Ag., M.Pd. selaku Ketua Jurusan Manajemen Dakwah menyampaikan bahwa sertifikat kompetensi pramuwisata ini menjadi pendamping ijasah yang menunjukan bahwa mahasiswa kompeten untuk menjadi pramuwisata dan dapat berkiprah untuk memajukan dunia pariwisata di Indonesia.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. H. Awaludin Pimay, Lc., M. Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa yang sudah menerima sertifikat ini sudah layak diterjunkan ke masyarakat, namun perlu penambahan jam terbang supaya kompetensinya lebih baik lagi. Setelah mendapatkan sertifikat maka kompetensi tersebut perlu diimplementasikan, jangan pasif dan harus lebih aktif mencari peluang. Seperti pepatah Arab al ilmu bila amalin kassajari bila samarin (ilmu kalau tidak diamalkan bagaikan pohon tidak berbuah) kompetensi yang tidak diaplikasikan maka akan menjadi luntur, oleh karena harus terus diasah.

Menurut ketua LSP Pramindo Pandu Suryabrata, lembaga sertifikasi profesi memberikan kesempatan kepada mahasiswa  untuk mengikuti sertifikasi kompetensi kepemanduan wisata. Sertifikat ini bisa digunakan untuk terjun dalam dunia industri pariwisata dan diakui legalitasnya. Kegiatan sertifikasi kompetensi pramuwisata ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Pariwisata RI, LSP Pramindo, DPD HPI Jawa Tengah dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Semoga kerjama sama ini bisa terus terjalin dengan baik dan kegiatan sertifikasi ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan. (AH/81)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *