SERTIFIKASI PEMBIMBING HAJI DAN UMROH ANGKATAN KE II TAHUN 2018

SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI PROFESIONAL ANGKATAN KE II TAHUN 2018

FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN WALISONGO SEMARANG

 

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang pada hari Sabtu (24/2) bekerjasama dengan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan KBIH Muhammadiyah/Aisyiyah Jawa Tengah menyelenggarakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan II Tahun 2018. Acara ini sedianya akan diselenggarakan selama 7 hari dari mulai tanggal 24 Februari 2018 hingga 3 Maret 2018 di Hotel Siliwangi Semarang.

Kegiatan yang diketuai oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Dr. H. Awaludin Pimay, Lc., M.Ag ini merupakan upaya Ditjen Penyelenggara  Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia mengejar target untuk menambah 2000 Petugas Pembimbing Haji sampai 2019 minimal 5000 Petugas Ibadah Haji.

“Tujuan melakukan sertifikasi petugas ibadah haji karena Ditjen Penyelenggara  Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia ingin memiliki pembimbing ibadah haji yang professional”. Pembimbing jamaah haji yang profesional, artinya pembimbing yang memahami karakter jamaah haji Indonesia. Juga memahami syarat dan rukun ibadah haji, makna, filosofi serta sejarah. Sebab, berhaji adalah perpaduan pelaksanaan ibadah haji sekaligus umrah. Jika tidak maka Kemenag khawatir, jamaah haji hanya akan seperti melaksanakan wisata biasa saja. Padahal, berhaji mengandung wisata religius, rohani dan ibadah.

Oleh karena itu, dikatakan Khoirizi, para pembimbing ibadah haji harus dibekali semua aspek yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji. Supaya menjadi pembimbing yang memiliki karakter dan profesional. Serta tahu benar apa yang dimaksud dengan haji.

Acara sertifikasi pembimbing manasik haji ini dihadiri oleh berbagai pihak, dari Kanwil Kementrian Agama Jawa Tengah serta para pengurus PW Muhammadiyah Jawa Tengah. Acara ini telah dibuka oleh Dr. H. Awaludin Pimay, Lc., M.Ag selaku ketua panitia.(fdknm70)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *