SAVE THE EARTH, HMJ PMI GELAR SEMINAR KESEHATAN LINGKUNGAN

SAVE THE EARTH, HMJ PMI GELAR SEMINAR KESEHATAN LINGKUNGAN

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarat Islam (HMJ PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo mengadakan kegiatan seminar kesehatan lingkungan dengan mengambil tema Save the Earth; Perspektif Kesehatan, Lingkungan, dan Agama. Kegiatan ini merupakan program HMJ PMI devisi kesehatan lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa PMI di bidang kesehatan lingkungan. Hal tersebut diungkapkan Suprihatiningsih selaku Ketua Jurusan PMI.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2017 di Aula laboratorium Dakwah tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fachrur Rozi. Dalam sambutannya Fachrur Rozi menyatakan bahwa kematangan berpikir, emosional, dan tindakan mahasiswa tidak hanya didapat di ruang kuliah tapi juga dalam forum-forum seperti ini. Kegiatan ini penting, mengingat kondisi alam sudah sangat memprihatinkan. Mahasiswa diharapkan tidak apatis dan harus peduli terhadap lingkungan.

Lebih lanjut Fachrur Rozi mengatakan bahwa kesadaran untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat harus dimulai dari diri sendiri baru kemudian ditularkan ke orang lain. Karena dampak dari kurangnya keperdulian terhadap lingkungan sangat luar biasa. Munculnya bencana alam seperti banjir dan longsor diantaranya karena sikap apatis masyarakat terhadap kesehatan lingkungan. Di beberapa daerah para petani harus mengalami gagal panen karena kondisi alam yang tidak bersahabat.

Hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut Prof. Dr. Mujiono Abdillah, MA. guru besar ekologi lingkungan Islam UIN Walisongo, dr. Umi Qulsum, M.Kes. kepala Puskesmas Kecamatan Ngaliyan Semarang, dan Purwono, M.Si. selaku praktisi dan pemerhati lingkungan dari Universitas Diponegoro Semarang.

Dalam paparannya Prof. Dr. Mujiono, M.Ag. menyampaikan bahwa harus ada perbaikan sanitasi kesehatan lingkungan (SKL). SKL merupakan upaya serius pembudayaan hidup bersih dan sehat dengan menciptakan lingkungan yang sehat bebas limbah dan pencemaran. Lingkungan yang sehat indikasinya adalah pemukiman sehat, cukup air bersih, dan bebas limbah. Oleh karena itu perlu strategi khusus untuk menciptakan lingkungan yang sehat, salah satunya dengan Health Style Inculturation (HSI). HSI adalah strategi kebudayaan melalui penanaman nilai-nilai gaya hidup sehat dalam masyarakat untuk dijadikan pedoman perikehidupan bersama secara turun temurun, tegasnya.(aha81/fdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *