CEGAH RADIKALISME, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI ADAKAN PUBLIC LECTURE

CEGAH RADIKALISME, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI ADAKAN PUBLIC LECTURE

Semarang – Triple P (Positive Parenting Program) dan University of Queensland, Australia, mengadakan Public Lecture di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang pada Rabu (7/6). Public Lecture ini bertemakan Urgency of Positive Parenting Program to Prevent Radical Behaviour in Indonesia, dengan pembicara Mr. Joe McLean selaku Head of Strategy and Growth Tripel P dan Yulina Eva Riany, Ph.D. selaku Research Fellow Parenting and Family Support Centre The University of Queensland. Public Lecture ini bertujuan untuk mencegah perilaku radikal melalui program pengasuhan positif.

Mr. Joe McLean mengatakan bahwa pihaknya sangat tertarik dan senang akan adanya diskusi ini. Beliau menyampaikan bahwa Triple P (Positive Parenting Program) ini telah diselenggarakan di 28 negara. “Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan”, tegasnya.

Dalam kaitannya dengan upaya mencegah radikalisme, Eva melihat bahwa faktor penyebab terjadinya radikalisme adalah faktor makro, mikro dan meso. Namun faktor mikro inilah yang dianggapnya lebih dominan, karena menaruh faktor keluarga sebagai faktor utama. “Dengan program dari Triple P ini, dapat menekan konflik antar anak dan orang tuanya sehingga mampu mengedukasi mengenai perilaku positif dan kesehatan mental.

Dr. H. Awaludin Pimay, Lc., M.Ag, selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang dijalin dengan Universitas Quensland. “Semoga kerjasama yang ada dapat memberikan kebaikan untuk bersama”, tambahnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Najahan Musyafak, MA. menyampaikan apresiasi yang tinggi atas diksusi ini. “Program Triple P bila dikombinasikan dengan pola asah asih asuh dan pendidikan pesantren ala Indonesia akan lebih mengharmonisasi pola pengasuhan yang sudah ada menjadi pola pengasuhan plus”, tuturnya. Diskusi ini berlangsung sangat menarik. Dihadiri oleh semua pejabat, seluruh dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta mahasiswa pascasarjana, diselingi candaan segar mengiringi jalannya diskusi sebelum berbuka puasa ini.(knm/1985)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *